HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI TERBANG FASE PRIVATE PILOT LICENSE DI PPI CURUG

Wicaksono, Renaldi Hendrasto HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI TERBANG FASE PRIVATE PILOT LICENSE DI PPI CURUG. HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI TERBANG FASE PPL DI POLITEKNIK PENERBANGAN INDONESIA. (Submitted)

[thumbnail of TUGAS AKHIR] Text (TUGAS AKHIR)
TA-Renaldi H.W. - 19-PNB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi intrinsik merupakan salah satu faktor psikologis penting yang
memengaruhi keberhasilan taruna penerbang dalam menyelesaikan fase Private
Pilot License (PPL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan motivasi
intrinsik terhadap efisiensi penyelesaian fase PPL pada taruna Politeknik
Penerbangan Indonesia Curug. Metode penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif korelasional dengan instrumen kuesioner berbasis skala Likert dan data
dokumentasi jam terbang. Sampel penelitian terdiri dari 35 taruna aktif yang telah
menyelesaikan fase PPL. Hasil analisis korelasi Spearman menunjukkan adanya
hubungan negatif yang kuat dan signifikan antara motivasi intrinsik dan total jam terbang PPL (r = -0,763; p < 0,001). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin
tinggi motivasi intrinsik, semakin sedikit jam terbang yang diperlukan untuk
menyelesaikan fase PPL. Penelitian ini menekankan pentingnya strategi
pembelajaran berbasis motivasi untuk meningkatkan efektivitas pendidikan
penerbangan.
Kata Kunci: Motivasi Intrinsik, Prestasi Terbang, PPL, Pendidikan Penerbang

Intrinsic motivation is a crucial psychological factor influencing pilot cadets’
success in completing the Private Pilot License (PPL) phase. This study aims to
analyze the effect of intrinsic motivation on the efficiency of completing the PPL
phase among cadets at the Indonesian Aviation Polytechnic Curug. A quantitative
correlational approach was employed using a Likert-scale questionnaire and
documented flight hour data. The sample consisted of 35 active cadets who had
completed the PPL phase. Spearman’s correlation analysis revealed a strong and
significant negative relationship between intrinsic motivation and total PPL flight
hours (r = -0.763; p < 0.001). These findings indicate that higher intrinsic
motivation leads to fewer flight hours required to complete the PPL phase. This
study highlights the importance of motivation-based learning strategies to enhance
the effectiveness of aviation education.
Keywords: Intrinsic Motivation, Flight Performance, PPL, Pilot Training

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: DIV Penerbang
Depositing User: Mr. Renaldi Hendrasto Wicaksono
Date Deposited: 02 Dec 2025 08:58
Last Modified: 02 Dec 2025 09:04
URI: http://repository.ppicurug.ac.id/id/eprint/809

Actions (login required)

View Item
View Item