ANALISIS AKAR PENYEBAB KEGAGALAN FLAP POSITION SENSOR P/N 18-1738-12 PADA PESAWAT BOEING 737-800 DI PT. GMF AEROASIA TBK

-, MIKO AULIYA SUSWANTO ANALISIS AKAR PENYEBAB KEGAGALAN FLAP POSITION SENSOR P/N 18-1738-12 PADA PESAWAT BOEING 737-800 DI PT. GMF AEROASIA TBK. -. (Submitted)

[thumbnail of TUGAS AKHIR] Text (TUGAS AKHIR)
D-IVTPU16B_MIKO AULIYA SUSWANTO_TUGAS AKHIR_2025.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Komponen Flaps Position Sensor dengan Part Number 18-1738-12 merupakan bagian krusial dari sistem kontrol penerbangan pada pesawat Boeing 737-800, yang memiliki fungsi vital untuk mendeteksi dan mengirimkan data posisi sudut flap ke sistem indikator di kokpit serta sistem pesawat lainnya. Keandalan komponen ini sangat berpengaruh terhadap keselamatan penerbangan, karena kegagalan dalam memberikan data yang akurat dapat mengganggu kinerja operasional dan menimbulkan risiko yang signifikan, terutama selama fase kritis seperti lepas landas dan pendaratan. Berdasarkan data internal dari PT. GMF AeroAsia, Tbk, tercatat 41 kasus Component Removal pada Sensor ini selama periode 2020-2025. Tingginya frekuensi kegagalan ini mengindikasikan adanya permasalahan yang bersifat berulang (repetitive problem), namun dengan akar penyebab yang belum teridentifikasi secara sistematis, sehingga tindakan perbaikan yang dilakukan selama ini cenderung bersifat reaktif dan belum mampu mencegah terulangnya masalah serupa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kegagalan secara mendalam dan terstruktur dengan tiga tujuan utama: (1) mengidentifikasi mode kegagalan yang paling dominan berdasarkan data historis, (2) menganalisis akar penyebab dari mode kegagalan dominan tersebut, dan (3) merumuskan usulan tindakan pencegahan yang sistematis dan dapat diimplementasikan untuk meningkatkan keandalan komponen di masa mendatang. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menerapkan metodologi Root Cause Analysis (RCA) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama memanfaatkan Diagram Pareto untuk menganalisis data dari 41 kasus kegagalan, yang bertujuan untuk memprioritaskan mode kegagalan yang paling signifikan sesuai dengan prinsip 80/20. Tahap kedua, setelah mode kegagalan dominan teridentifikasi, Diagram Fishbone digunakan untuk memetakan semua kemungkinan akar penyebab dari masalah tersebut. Data kualitatif untuk analisis ini digali melalui wawancara mendalam bersama teknisi ahli dari Avionics Workshop yang memiliki kompetensi dan pengalaman langsung dengan komponen terkait. Pada tahap terakhir, hasil analisis divalidasi melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan para ahli untuk memastikan akurasi temuan, yang kemudian dilanjutkan dengan perumusan usulan tindakan pencegahan secara sistematis menggunakan kerangka kerja 5W+1H. Hasil analisis Pareto menunjukkan bahwa Defective Synchro adalah mode kegagalan paling dominan, yang menyumbang 51,22% dari total kasus kegagalan. Analisis Diagram Fishbone lebih lanjut berhasil mengidentifikasi lima faktor akar penyebab utama yang saling berkaitan. Dari faktor Man (Manusia), ditemukan kurangnya pemahaman teknisi baru mengenai prosedur penanganan (Handling) komponen sensitif, yang diperparah oleh pengawasan yang kurang optimal. Pada faktor Method (Metode), masalah bersumber dari dokumen Jobcard yang tidak selaras dengan Component Maintenance Manual (CMM) dan menghilangkan langkah kerja krusial seperti verifikasi Rig Position, yang menyebabkan hasil pengujian menjadi tidak valid. Dari sisi Material, teridentifikasi penggunaan Solder berkualitas rendah yang menyebabkan koneksi internal pada terminal Synchro menjadi rapuh dan rentan terlepas akibat getaran operasional. Faktor Machine/Tools (Mesin/Peralatan) menunjukkan adanya risiko dari penggunaan alat uji yang mengalami penurunan akurasi sebelum jadwal kalibrasi berakhir, sehingga berpotensi meloloskan komponen yang sebenarnya tidak laik pakai. Terakhir, faktor Environment (Lingkungan) berkontribusi melalui kondisi kerja minim pencahayaan di area pemasangan Sensor yang sempit, yang meningkatkan risiko kesalahan saat proses instalasi. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, usulan tindakan pencegahan yang dirumuskan melalui kerangka 5W+1H mencakup serangkaian perbaikan yang komprehensif. Usulan tersebut meliputi penguatan sistem pelatihan dan supervisi bagi teknisi, revisi dan validasi dokumen kerja agar selaras dengan CMM, pengetatan kontrol kualitas Material habis pakai, implementasi Program Functional Check secara berkala pada alat uji kritis, serta standardisasi lingkungan kerja dengan mewajibkan penggunaan alat bantu penerangan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi teknis bagi PT. GMF AeroAsia, Tbk untuk menyusun langkah-langkah pencegahan yang efektif, sehingga dapat mengurangi tingkat kegagalan komponen serupa di masa mendatang.

Kata Kunci: Analisis Kegagalan, Root Cause Analysis, Flaps Position Sensor, Diagram Pareto, Diagram Fishbone, 5W+1H.

The Flap Position Sensor component with Part Number 18-1738-12 is a crucial part of the Flight Control System on the Boeing 737-800 aircraft. It serves the vital function of detecting and transmitting flap angular Position data to cockpit indicators and other aircraft systems. The Reliability of this component significantly influences flight Safety, as a failure to provide accurate data can impair operational performance and pose substantial risks, particularly during critical flight phases such as Takeoff and Landing. Based on internal data from PT. GMF AeroAsia, Tbk, 41 cases of Component Removal were recorded for this Sensor during the 2020-2025 period. This high frequency of failures indicates a repetitive problem with fundamental root Causes that have not been systematically identified, leading to Preventive Actions that have been predominantly reactive and insufficient to prevent similar occurrences. This research aims to conduct an in-depth and structured Failure Analysis with three primary objectives: (1) to identify the most dominant failure mode based on historical data, (2) to analyze the fundamental root Causes of this dominant failure mode, and (3) to formulate systematic and implementable Preventive Actions to enhance the component’s future Reliability. To achieve these objectives, this study applies a multi-stage qualitative Root Cause Analysis (RCA) Methodology. The first stage utilizes a Pareto Diagram to quantitatively analyze the 41 failure cases, thereby prioritizing the most significant failure mode in accordance with the 80/20 principle. In the second stage, after the dominant failure mode was identified, a Fishbone Diagram was used to map all potential root Causes of the issue. The qualitative data for this analysis was gathered through In-depth Interviews with expert technicians from the Avionics Workshop who possess direct competence and experience with the component. In the final stage, the analysis results were validated via a Focus Group Discussion (FGD) with experts to ensure the accuracy of the findings, followed by the systematic formulation of Preventive Action proposals using the 5W+1H framework. The results of the Pareto analysis show that Defective Synchro is the most dominant failure mode, contributing 51.22% of all failure cases. Further analysis with the Fishbone Diagram successfully identified five primary, interconnected root Cause factors. From the Man factor, a lack of understanding among new technicians regarding sensitive Component Handling procedures was identified, which was exacerbated by suboptimal supervision. The Method factor revealed that issues stemmed from Jobcards not being aligned with the Component Maintenance Manual (CMM), leading to the omission of crucial work steps such as Rig Position verification, which invalidates test results. From the Material aspect, the use of low-quality Solder was identified, causing internal connections at the Synchro terminals to become brittle and susceptible to detachment from operational vibrations. The Machine/Tools factor indicates a risk from the use of test equipment that experiences a decrease in accuracy before its scheduled calibration, potentially leading to unServiceable components being passed. Lastly, the Environment factor contributed through poor lighting conditions in the confined Installation area, increasing the risk of Errors during the process. Based on these findings, the Preventive Action proposals formulated through the 5W+1H framework include a comprehensive series of improvements. These proposals cover strengthening the training and supervision system for technicians, the revision and validation of work documents to align with the CMM, tightening Quality Control for consumable Materials, the implementation of a periodic Functional Check Program for critical test equipment, and the standardization of the working Environment by mandating the use of auxiliary lighting. This research is expected to serve as a valuable technical reference for PT. GMF AeroAsia in developing Effective preventive measures to reduce the Failure Rate of this component in the future.

Keywords: Failure Analysis, Root Cause Analysis, Flaps Position Sensor, Pareto Diagram, Fishbone Diagram, 5W+1H.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: DIV Teknik Pesawat Udara
Depositing User: Miko Auliya Suswanto
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:02
Last Modified: 02 Sep 2025 07:02
URI: http://repository.ppicurug.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item
View Item