PERENCANAAN PAVED SHOULDER PADA TAXIWAY A DAN B DENGAN METODE FAA DI BANDAR UDARA KELAS I UTAMA JUWATA

-, Erwin Sanusi Hamdali PERENCANAAN PAVED SHOULDER PADA TAXIWAY A DAN B DENGAN METODE FAA DI BANDAR UDARA KELAS I UTAMA JUWATA. PERENCANAAN PAVED SHOULDER PADA TAXIWAY A DAN B DENGAN METODE FAA DI BANDAR UDARA KELAS I UTAMA JUWATA, - (-): -. ISSN - (Submitted)

[thumbnail of OJT II] Text (OJT II)
LAPORAN OJT 2_ERWIN SANUSI HAMDALI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Laporan On the Job Training (OJT) ini membahas perencanaan paved shoulder pada taxiway A dan B di Bandar Udara Kelas I Utama Juwata Tarakan. Permukaan bahu taxiway yang masih berupa tanah dan rumput berpotensi menyebabkan bahaya Foreign Object Debris (FOD) terhadap pesawat udara. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan perencanaan menggunakan metode Federal Aviation Administration (FAA) serta perangkat lunak FAARFIELD 2.0.7 guna memperoleh ketebalan perkerasan yang optimal. Berdasarkan hasil perhitungan, tebal total perkerasan lentur yang dibutuhkan adalah 45,72 cm, terdiri atas lapisan surface 7,62 cm, base course 25,4 cm, dan subbase course 12,7 cm. Hasil perencanaan ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan operasi penerbangan dan menjaga keandalan infrastruktur sisi udara di Bandar Udara Kelas I Utama Juwata.

Item Type: Article
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Paved Shoulder, Taxiway, FAARFIELD, FAA, Bandar Udara Juwata.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: DIII Teknik Bangunan dan Landasan
Depositing User: Mr. Erwin Sanusi Hamdali -
Date Deposited: 17 Oct 2025 02:36
Last Modified: 17 Oct 2025 02:36
URI: http://repository.ppicurug.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item
View Item