ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN PENUMPANG PENERBANGAN DOMESTIK TERHADAP KETENTUAN BARANG BAWAAN KE PESAWAT UDARA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KUALANAMU DELI SERDANG

-, Ely Mardiah Harahap (2025) ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN PENUMPANG PENERBANGAN DOMESTIK TERHADAP KETENTUAN BARANG BAWAAN KE PESAWAT UDARA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KUALANAMU DELI SERDANG. ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN PENUMPANG PENERBANGAN DOMESTIK TERHADAP KETENTUAN BARANG BAWAAN KE PESAWAT UDARA DI BANDARA INTERNASIONAL KUALANAMU DELI SERDANG, 8 (2). ISSN 2655-6022

[thumbnail of TUGAS AKHIR] Text (TUGAS AKHIR)
D.III_OBU 18 A_ELY MARDIAH HARAHAP_TUGAS AKHIR_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ICAO Document 9284 tentang Technical Instruction for The Safety Dangerous Goods by Air menetapkan aturan terkait barang berbahaya yang boleh dibawa penumpang. Berdasarkan data logbook di Bandar Udara Internasional Kualanamu Deli Serdang, masih ditemukan penumpang yang membawa barang yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman penumpang penerbangan domestik terhadap ketentuan barang bawaan ke pesawat udara. Selain itu, penelitian ini berguna untuk mengetahui cara meningkatkan pengetahuan penumpang penerbangan domestik terhadap ketentuan barang bawaan ke pesawat udara. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data kuantitatif berupa kuesioner, observasi, dan dokumentasi kemudian data dianalisis dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Penelitian ini menghasilkan masih banyak penumpang yang kurang paham terhadap ketentuan barang bawaan ke pesawat udara dikarenakan beberapa faktor 1) penumpang yang tidak dapat membedakan ketentuan bagasi tercatat dan tidak tercatat (kabin) 2) penggunaan videotron yang kurang maksimal 3) konten informasi kurang komunikatif 4) petugas Aviation Security dan petugas Check in pasif terhadap penumpang. Bandar Udara dapat meningkatkan pemahaman penumpang dengan strategi 1) penambahan fasilitas informasi 2) memaksimalkan penggunaan videotron 3) pembuatan konten informasi menjadi lebih komunikatif 4) proaktif petugas Aviation Security (Avsec) dan Check in counter.
Kata Kunci : Barang bawaan penumpang, Bagasi tercatat dan tidak tercatat (kabin), Pengetahuan penumpang, Keamanan penerbangan, Peningkatan pelayanan.

ICAO Document 9284 on Technical Instruction for the Safety of Dangerous Goods by Air stipulates rules related to dangerous goods that passengers may carry. Based on logbook data at Kualanamu International Airport in Deli Serdang, passengers are still found carrying goods that are not in accordance with these provisions. The purpose of this study 1) to determine the knowledge of domestic flight passengers on the provisions of luggage to airplanes 2) to find out how to increase the knowledge of domestic flight passengers on the provisions of luggage to airplanes. The research used quantitative data collection techniques in the form of questionnaires, observation, and documentation then the data was analyzed with the help of SPSS (Statistical Product for the Social Sciences) software. The research results show that there are still many passengers who do not understand the provisions for baggage on airplanes due to several factors 1) passengers who could not distinguish the provisions of checked and unlisted baggage (cabin) 2) the use of videotrons that were not maximized 3) information content was less communicative 4) Aviation Security officers and Check in officers were passive towards passengers. Airports can improve passenger understanding with strategies 1) adding information facilities 2) maximizing the use of videotrons 3) making information content more communicative 4) proactive Aviation Security and Check in officers.
Keywords: Passenger luggage, Checked and unchecked baggage (cabin), Passenger knowledge, Aviation security, Service improvement.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Barang bawaan penumpang, Bagasi tercatat dan tidak tercatat (kabin), Pengetahuan penumpang, Keamanan penerbangan, Peningkatan pelayanan. Keywords: Passenger luggage, Checked and unchecked baggage (cabin), Passenger knowledge, Aviation security, Service improvement.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: DIII Operasi Bandar Udara
Depositing User: Ms. Ely Mardiah Harahap
Date Deposited: 28 Aug 2025 08:01
Last Modified: 29 Aug 2025 07:42
URI: http://repository.ppicurug.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item
View Item