ANALISIS KEGAGALAN FUEL QUANTITY INDICATING SYSTEM PESAWAT KING AIR 200GT DAN 350i DI BBKFP

SIMBOLON, PANGIHUTAN HOLY KRISTO ANALISIS KEGAGALAN FUEL QUANTITY INDICATING SYSTEM PESAWAT KING AIR 200GT DAN 350i DI BBKFP. -. (Submitted)

[thumbnail of TUGAS AKHIR] Text (TUGAS AKHIR)
D-IV TPU 16A_PANGIHUTAN HOLY KRISTO SIMBOLON_TUGAS AKHIR_2025.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Perawatan pesawat udara merupakan hal yang krusial dalam dunia penerbangan untuk memastikan keselamatan dan juga kelaikudaraan. Tujuan dari perawatan pesawat udara yaitu untuk memastikan setiap sistem agar berfungsi dengan benar. Salah satu sistem yang terdapat pada pesawat udara adalah Fuel Quantity Indicating system. Pada sistem ini terdapat komponen Fuel Quantity Indicator atau Fuel Gauge yang digunakan sebagai indicator atau penunjuk pada pilot mengenai ketersediaan bahan bakar baik pada saat melakukan penerbangan maupun pada saat berada di ground. Didalam CASR Part 91 dikatakan bahwa untuk melakukan penerbangan, pesawat harus memiliki fuel gauge yang akurat untuk memastikan keselamatan selama penerbangan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Engineering di Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan terdapat 27 kali kegagalan fuel quantity indicating system di Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan. Kegagalan ini dapat menyebabkan pesawat grounded dan berakibat kerugian pada perusahaan. Maka dari itu penulis melakukan penelitian terhadap Kegagalan fuel quantity indicating system di Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan dengan bertujuan untuk mengetahui penyebab dari kegagalan menggunakan metode Diagram Pareto dan akar penyebab dari kegagalan FQI dengan Diagram Fishbone. Dan setelah mengetahui penyebab dan akar penyebab dari kegagalan FQI yang berdasarkan wawancara kepada teknisi di Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan, maka dapat memberikan saran dalam perawatan untuk mencegah kegagalan berulang atau bahkan menghilangkan variasi dari kegagalan Fuel quantity indicating system di Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan. Setelah penulis melakukan pengumpulan data terdapat 3 yang menjadi penyebab kegagalan Fuel quantity indicating system diantaranya adalah Fuel Probe sebesar (70,4%), Wire and Connector sebesar (25,9%) dan disusul Fuel gauge sebesar (3,7%) sehingga mendapatkan persentase kumulatif sebesar (100%). Setelah itu penulis melakukan pengolahan data menggunakan diagram pareto yang bertujuan untuk menentukan jenis kegagalan yang paling banyak diantara penyebab kegagalan tersebut. Penulis mendapatkan Main Fuel Probe sebagai jenis kegagalan yang paling banyak pada Fuel Probe degan persentase sebesar (78,9%). Kemudian Red High-Z Wire pada Wire and Connector dengan persentase sebesar (57,1%). Dan untuk Fuel gauge didapatkan Right fuel gauge sebagai jenis kegagalan paling banyak dengan 1 kali kejadian. Setelah itu penulis melakukan wawancara terhadap teknisi untuk menemukan akar permasalahan dari masing-masing jenis kegagalan dengan menggunakan diagram Fishbone. Setelah melakukan wawancara penulis mendapatkan beberapa faktor eksternal yang menjadi penyebab dari kegagalan Fuel quantity indicating system diantaranya dari faktor Man, Material, Method, Machine dan Environment sebagai yang sudah di tulis penulis pada tugas akhir ini. Setelah itu penulis memberikan saran perbaikan melalui Focus Group Discussion yang didapat berdasarkan wawancara terhadap kegagalan tersebut, diantaranya. Perlu dilakukan breafing oleh leader sebelum memulai pekerjaan dan mengulas prosedur terkait, serta diperlukan double check. Kemudian diperlukan perbaikan Equipment dan Tools yang sudah tidak layak untuk dipakai seperti Pin Inserter Tools dan Digital Fuel Quantity Test Set. Selanjutnya kebutuhan Material Gasket harus selalu tersedia pada saat inspeksi. Terakhir perlu dilakukan pembersihan secara rutin baik pada Fuel Probe maupun Wire and Connector untuk menghindari potensi timbulnya jamur maupun korosi yang dapat diakibatkan oleh faktor lingkungan. Berdasarkan hasil FGD terdapat satu faktor yang menjadi perhatian pada kegagalan ini dimana ketersediaan gasket yang terbatas sehingga melewatkan proses inspeksi pada fuel probe.
Kata Kunci: Fuel Quantity Indicating System, Diagram Pareto, Diagram Fishbone

Aircraft maintenance is a critical aspect of the aviation industry to ensure safety and airworthiness. The primary objective of aircraft maintenance is to ensure that all systems function correctly. One essential system in an aircraft is the Fuel quantity indicating system (FQIS). The Fuel Quantity Indicator, a key component of the FQIS, serves as an indicator or gauge for pilots regarding fuel availability, both during flight and while on the ground. According to CASR Part 91, aircraft must be equipped with an accurate fuel gauge fito guarantee safety during flights. Based on data obtained from the Engineering Unit at the Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFP), there have been 27 instances of FQIS failures at this facility. These failures can lead to aircraft grounding, resulting in significant financial losses for the company. To address this issue, the author conducted research on the failure of the Fuel quantity indicating system at BBKFP, aiming to identify the causes using the Pareto Diagram method and the root causes of FQI failures through the Fishbone Diagram. Following interviews with technicians at BBKFP, the study identified the causes and root causes of these failures. Subsequently, maintenance recommendations were developed to prevent recurring failures or eliminate variations in the Fuel quantity indicating system at BBKFP. Data collection revealed three primary causes of FQIS failures: Fuel Probe (70.4%), Wire and Connector (25.9%), and Fuel gauge (3.7%), totaling a cumulative percentage of 100%. Further analysis using the Pareto Diagram identified the most frequent failure types, including Main Fuel Probe (78.9%), Red High-Z Wire (57.1%), and Right fuel gauge with one incident. Interviews with technicians, analyzed via the Fishbone Diagram, uncovered several external factors contributing to these failures, including Man, Material, Method, Machine, and Environment, as detailed in the thesis. The author then provides suggestions for improvements with Focus Group Discussion based on interviews regarding the failure, including: a briefing by the leader before starting work and reviewing related procedures, as well as a double check. Furthermore, equipment and tools that are no longer suitable for use, such as pin inserter tools and digital fuel quantity test sets, need to be repaired. Furthermore, gasket materials must always be available during inspections. Finally, routine cleaning of both the fuel probe and the wire and connector is necessary to prevent the potential for mold and corrosion that can be caused by environmental factors. Based on the results of the FGD, there is one factor that is of concern in this failure, namely the limited availability of gaskets, which resulted in the inspection process on the fuel probe being missed.
Keywords: Fuel Quantity Indicating System, Pareto Diagram, Fishbone Diagram

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: DIV Teknik Pesawat Udara
Depositing User: Mr Pangihutan Holy Kristo Simbolon
Date Deposited: 28 Aug 2025 09:14
Last Modified: 28 Aug 2025 09:14
URI: http://repository.ppicurug.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item
View Item