RANCANGAN ALAT BENCH TEST INLET COWL THERMAL ANTI-ICING PRESSURE SWITCH DENGAN PRESSURE 65 PSI PADA PESAWAT BOEING 737-300 DI ASIA CARGO AIRLINES

SETIAWAN, GHEFIRA ROSALLIE SALSABIELA RANCANGAN ALAT BENCH TEST INLET COWL THERMAL ANTI-ICING PRESSURE SWITCH DENGAN PRESSURE 65 PSI PADA PESAWAT BOEING 737-300 DI ASIA CARGO AIRLINES. -. (Submitted)

[thumbnail of D-IV TPU16B_GHEFIRA ROSALLIE SALSABIELA SETIAWAN_TUGAS AKHIR_2025.pdf] Text
D-IV TPU16B_GHEFIRA ROSALLIE SALSABIELA SETIAWAN_TUGAS AKHIR_2025.pdf

Download (22MB)

Abstract

Keandalan sistem proteksi terharap pembentukan es pada pesawat merupakan faktor penting dalam menjaga keselamatan penerbangan, terutama pada fase terbang di ketinggian dengan suhu ekstrem. Salah satu bagian vital dari sistem ini adalah sistem thermal anti-icing dapat mencegah akumulasi es yang dapat mengganggu kerja aerodinamis dan keandalan mesin pesawat. Salah satu komponen utama dalam sistem ini adalah inlet cowl thermal anti-icing pressure switch, yang bertugas untuk mengamati tekanan udara dari sistem bleed air dan mengaktifkan indikator kokpit apabila tekanan telah mencapai batas ambang kerja tertentu. Pressure switch ini dirancang untuk aktif pada pesawat Boeing 737-300 pada tekanan 65 3 PSI. Namun, di Asia Cargo Airlines, functional check terhadap komponen ini masih dilakukan dengan metode manual menggunakan jumper wire, masking tape, dan lampu 28V DC. Metode tersebut memerlukan setidaknya tiga personil teknisi, tidak efisien, tetapi juga berisiko tinggi, antara lain potensi sengatan listrik, kebutuhan akan lebih dari satu personil, dan tingkat kesalahan sambungan yang tinggi. Oleh karena itu, dibutuhkan alat bantu berupa bench test yang dirancang secara khusus agar dapat menjalankan proses pengujian secara presisi, aman, efektif dan sesuai standar teknis pesawat Boeing 737-300. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah alat bench test serta menganalisis kelayakannya dalam melakukan functional check pressure switch dengan tekanan kerja 65 PSI. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), yang kemudian dikombinasikan dengan pendekatan perancangan teknik sistematis VDI 2221, yang mencakup tahapan clarification of the task, conceptual design, embodiment design, dan detail design. Alat yang dikembangkan terdiri dari dua sistem utama: sistem tekanan dan sistem kelistrikan. Sistem tekanan menggunakan selang berdiameter ¼ inch, ball valve dan pressure gauge yang kompatibel dengan tentang tekanan kerja hingga 100 PSI. Sistem kelistrikan memiliki connector 3 pin, sumber tegangan 24V DC, dan lampu indikator yang menyala ketika tekanan kerja tercapai. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perangkat memiliki kemampuan untuk menyalakan lampu indikator secara otomatis pada rentang tekanan 62-68 PSI, sesuai dengan spesifikasi pressure switch yang tercantum dalam Component Maintenance Manual (CMM). Kebocoran, gangguan kelistrikan, atau kerusakan pada sambungan tidak ditemukan selama pengujian berlangsung. Validasi kelayakan dilakukan dengan menyebarkan angket tertutup kepada tiga evaluator ahli untuk menguji validitas dan performa alat. Evaluasi dilakukan terharap empat aspek: kelayakan umum, keselamatan kerja, fungsionalitas alat, serta efisiensi dan operasional. Hasil penilaian menunjukkan bahwa perangkat tersebut berada dalam kategori “sangat layak” dengan persentase rata-rata penilaian lebih dari 85%. Alat ini juga terbukti lebih efisien, cepat, dan aman dibandingkan metode sebelumnya. Jumlah teknisi yang dibutuhkan berkurang dari tiga menjadi satu orang, dan durasi proses functional check dipersingkat dari 30 menit menjadi 15 menit. Selain itu, alat ini mengurangi kemungkinan sengatan listrik melalui penggunaan bahan isolator akrilik dan penggunaan heat shrink pada koneksi kabel untuk melindungi sistem kelistrikan. Implikasi dari penelitian ini adalah ketersediaan alat bantu bench test yang efektif, efisien, dan sesuai dengan standar perawatan pesawat Boeing 737-300. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya berhasil merancang alat bench test yang sesuai secara teknis dan operasional, namun juga memberikan kontribusi nyata terharap peningkatan standar keselamatan dan efisiensi proses maintenance pada industri perawatan pesawat udara.

Kata kunci: pressure switch, thermal anti-icing, bench test, Boeing 737-300, VDI 2221, aircraft maintenance, functional check

The reliability of aircraft anti-icing protection systems is a critical factor in ensuring flight safety, particularly during high-altitude operations in extreme temperature conditions. One of the essential components in this system is the thermal anti-icing system, which functions to prevent ice accumulation that may disrupt aerodynamic performance and engine reliability. A key component within this system is the inlet cowl thermal anti-icing pressure switch, which monitors air pressure from the bleed air system and activates a cockpit indicator once the pressure reaches a predefined threshold. On the Boeing 737-300 aircraft, this pressure switch is designed to activate at 65 ±3 PSI. However, in operational practice at Asia Cargo Airlines, the functional check of this component is still carried out manually using jumper wires, masking tape, and a 28V DC lamp. This method is inefficient, requires at least three maintenance personnel, and poses several safety risks, including the potential for electric shock and connection errors. Therefore, a dedicated bench test tool is needed to perform this inspection process accurately, safely, efficiently, and in accordance with the technical standards of the Boeing 737-300. The purpose of this study is to design a bench test tools as well as analyze its feasibility in performing functional checks on the pressure switch at the required operating pressure of 65 PSI. The research method used is Research and Development (R&D), combined with the systematic engineering design approach of VDI 2221, which includes the stages of clarification of the task, conceptual design, embodiment design, and detail design. The developed tool consists of two main subsystems: the pressure system and the electrical system. The pressure system includes a ¼-inch hose, ball valve, and a pressure gauge compatible with working pressures up to 100 PSI. The electrical system includes a 3 pin connector, a 24V DC power source, and an indicator lamp that lights up when the pressure switch is activated. Testing results showed that the device was able to automatically illuminate the indicator lamp within the pressure range of 62–68 PSI, consistent with the specifications provided in the Component Maintenance Manual (CMM). No pressure leaks, electrical disturbances, or connection failures were found during testing. Feasibility validation was conducted using a closed questionnaire distributed to three expert evaluators to assess the tool's validity and performance. The evaluation focused on four aspects: general feasibility, operational safety, functionality, and operational efficiency. The results indicated that the device was categorized as "highly feasible" with an average evaluation score exceeding 85%. This tool also proved to be more efficient, faster, and safer than the previous method. The number of technicians required was reduced from three to one, and the functional check duration was shortened from 30 minutes to 15 minutes. Moreover, the risk of electric shock was minimized by using acrylic insulating material and heat shrink tubing on the electrical connections. The implication of this study is the availability of a bench test support tool that is effective, efficient, and compliant with Boeing 737-300 maintenance standards. Thus, this research not only successfully developed a technically and operationally appropriate bench test tool, but also contributes to improving safety standards and maintenance efficiency within the aircraft maintenance industry.

Keyword: pressure switch, thermal anti-icing, bench test, Boeing 737-300, VDI 2221, aircraft maintenance, functional check

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pressure switch, thermal anti-icing, bench test, Boeing 737-300, VDI 2221, aircraft maintenance, functional check Keyword: pressure switch, thermal anti-icing, bench test, Boeing 737-300, VDI 2221, aircraft maintenance, functional check
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: DIV Teknik Pesawat Udara
Depositing User: Mrs Ghefira Rosallie Salsabiela Setiawan
Date Deposited: 08 Sep 2025 09:21
Last Modified: 08 Sep 2025 09:21
URI: http://repository.ppicurug.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item
View Item