-, Muhammad Ghani Al Hafidz ANALISIS KEGAGALAN SENSOR TEMPERATURE PNEUMATIC P/N 767C0000-01 PADA PESAWAT AIRBUS 330-300 DI PT GMF AEROASIA Tbk. -. (Submitted)
![[thumbnail of TUGAS AKHIR]](http://repository.ppicurug.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
D-IV TPU 16B_Muhammad Ghani Al Hafidz_TUGAS AKHIR_2025.pdf
Download (7MB)
Abstract
Pesawat terbang sebagai sarana transportasi udara modern sangat bergantung pada keandalan sistem dan komponen pendukungnya. Salah satu komponen penting dalam sistem pneumatic adalah sensor temperature pneumatic, yang berfungsi untuk mengukur suhu udara bertekanan tinggi yang digunakan dalam berbagai sistem pesawat, seperti sistem kabin, anti-icing, dan pressurization. Sensor ini memiliki peran vital dalam menjaga keseimbangan suhu dan tekanan yang dibutuhkan oleh sistem. Namun, dalam praktik perawatan, ditemukan bahwa sensor temperature pneumatic dengan P/N 767C0000-01 yang digunakan pada pesawat Airbus A330-300 mengalami kerusakan atau penurunan fungsi. Salah satu bentuk kegagalannya ditandai dengan Corrosion pada bagian batang sensor, yang menyebabkan pembacaan suhu menjadi tidak akurat, serta berpotensi mengganggu sistem keseluruhan. Permasalahan ini menjadi penting untuk diteliti karena komponen sensor yang tampak kecil ini memiliki dampak signifikan terhadap performa pesawat dan keselamatan penerbangan. Kegagalan pada sensor dapat menyebabkan sistem pneumatic tidak berfungsi secara optimal, dan jika tidak terdeteksi sejak dini, dapat memicu kerusakan berantai pada sistem lain. Dalam beberapa kasus, sensor yang mengalami Corrosion atau kerusakan fisik lainnya baru diketahui saat sudah dilepas atau setelah gangguan muncul di sistem. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya identifikasi mendalam terkait penyebab utama kegagalan dan langkah-langkah pencegahan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kegagalan sensor temperature pneumatic pada pesawat Airbus A330-300 yang dirawat di PT. GMF AeroAsia, Tbk. Fokus penelitian mencakup aspek teknis dari komponen sensor, metode dan prosedur perawatan yang diterapkan, kondisi lingkungan kerja, serta peran tenaga perawatan dalam pelaksanaan inspeksi dan pemeliharaan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap komponen, wawancara dengan teknisi, engineer, dan supervisor, serta dokumentasi teknis terkait perawatan komponen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan alat bantu seperti diagram pareto dan Fault Tree Analysis (FTA) untuk mengidentifikasi akar permasalahan secara sistematis. Hasil analisis menunjukkan bahwa Corrosion menjadi penyebab dominan kegagalan sensor. Faktor lingkungan seperti kelembapan tinggi, kurangnya kontrol penyimpanan, serta tidak adanya prosedur inspeksi khusus yang menyasar sensor ini membuat kerusakan sulit dideteksi sejak dini. Selain itu, perawatan komponen ini cenderung dilakukan secara umum mengikuti sistem pneumatic secara keseluruhan tanpa memperhatikan sensor secara spesifik. Ketidakhadiran job card atau task card yang memuat instruksi pengecekan sensor secara eksplisit menjadi salah satu penyebab mengapa kerusakan dapat lolos dari pemeriksaan rutin. Faktor manusia juga menjadi aspek yang cukup berpengaruh dalam kejadian ini. Minimnya pemahaman teknisi terhadap pentingnya sensor ini serta kebiasaan kerja yang terlalu mengandalkan pengalaman tanpa verifikasi dokumen teknis memperbesar peluang terjadinya kesalahan dalam perawatan. Dalam beberapa kasus, teknisi tidak menyadari adanya tanda-tanda awal Corrosion karena tidak diarahkan untuk melakukan inspeksi visual terhadap komponen tersebut. Sebagai upaya perbaikan, penelitian ini merekomendasikan agar sensor temperature pneumatic dimasukkan dalam program perawatan berkala melalui penambahan job card atau task card khusus. Pemeriksaan visual dan pengujian fungsi secara berkala perlu dilakukan, terutama pada komponen yang telah melalui sejumlah siklus penggunaan. Selain itu, pelatihan teknis tambahan bagi personel pemeliharaan sangat diperlukan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman terhadap komponen kritis yang selama ini kurang diperhatikan. Implementasi prosedur yang lebih spesifik dan sistematis akan sangat membantu dalam mencegah terulangnya kegagalan serupa di masa mendatang, sekaligus meningkatkan standar keselamatan dan keandalan sistem pesawat.
Kata Kunci: a330-300, fault tree analysis, human error, job card, kegagalan komponen, Corrosion, perawatan pesawat, sensor temperature pneumatic
Aircraft as a modern mode of air transportation heavily rely on the reliability of their systems and supporting components. One of the critical components in the pneumatic system is the pneumatic temperature sensor, which functions to measure the temperature of high-pressure air used across various aircraft systems such as cabin control, anti-icing, and pressurization. This sensor plays a vital role in maintaining the required balance of temperature and pressure in these systems. However, in maintenance practices, the pneumatic temperature sensor with P/N 767C0000-01 used on the Airbus A330-300 has been found to experience damage or performance degradation. One of the observed failures is corrosion on the sensor shaft, which leads to inaccurate temperature readings and potentially disrupts the entire pneumatic system. This issue is significant because although the sensor appears to be a minor component, its failure can have a major impact on aircraft performance and operational safety. Sensor malfunction can result in the pneumatic system operating suboptimally, and if undetected, may cause cascading effects on other systems. In several instances, sensor damage due to corrosion or physical deterioration was only discovered after removal or once system failures became apparent. This indicates a strong need for thorough identification of the root causes of failure and appropriate preventive measures. The aim of this study is to analyze the contributing factors leading to the failure of the pneumatic temperature sensor on the Airbus A330-300, maintained by PT. GMF AeroAsia, Tbk. The research focuses on the technical aspects of the sensor component, maintenance methods and procedures applied, environmental conditions, and the role of maintenance personnel in inspection and upkeep activities. This study adopts a qualitative descriptive approach, where data were gathered through direct observation of the sensor, in-depth interviews with technicians, engineers, and supervisors, as well as technical documentation reviews related to component maintenance. The collected data were analyzed using tools such as the Diagram Pareto and Fault Tree Analysis (FTA) to identify the root causes systematically. The analysis results show that corrosion is the primary cause of the sensor failure. Environmental factors such as high humidity levels, poor storage control, and the absence of dedicated inspection procedures targeting the sensor make early detection of damage difficult. Furthermore, the maintenance of this component tends to follow general pneumatic system routines without giving specific attention to the sensor. The lack of job cards or task cards that explicitly include instructions for inspecting the sensor is one of the reasons why such failures can go unnoticed during regular checks. Human factors also play a considerable role in this issue. Limited awareness among technicians regarding the importance of this sensor, coupled with a tendency to rely on experience rather than strictly following technical documents, increases the likelihood of maintenance errors. In several cases, early signs of corrosion went unnoticed because technicians were not directed to visually inspect the component during scheduled maintenance. As a corrective action, this research recommends that the pneumatic temperature sensor be included in the scheduled maintenance program through the creation of specific job cards or task cards. Regular visual inspection and functional testing are necessary, particularly for components that have undergone multiple operational cycles. Additionally, supplementary technical training for maintenance personnel is strongly advised to improve awareness and understanding of critical but often overlooked components. Implementing clearer and more systematic procedures will help prevent similar failures in the future and contribute to enhancing aircraft system reliability and operational safety.
Keywords: a330-300, aircraft maintenance, component failure, corrosion, fault tree analysis, human error, job card, pneumatic temperature sensor
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | DIV Teknik Pesawat Udara |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ghani Al Hafidz - |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 09:01 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 09:01 |
URI: | http://repository.ppicurug.ac.id/id/eprint/333 |