ANALISIS KEGAGALAN BRAKE SERVO VALVE HYDRAULIC SYSTEM BLUE PADA MAIN LANDING GEAR PESAWAT AIRBUS A330 DENGAN METODE FMEA DAN FTA DI PT. GMF AEROASIA,TBK.

Bimantara, Bhisma ANALISIS KEGAGALAN BRAKE SERVO VALVE HYDRAULIC SYSTEM BLUE PADA MAIN LANDING GEAR PESAWAT AIRBUS A330 DENGAN METODE FMEA DAN FTA DI PT. GMF AEROASIA,TBK. -. (Submitted)

[thumbnail of TUGAS AKHIR] Text (TUGAS AKHIR)
D.IV TPU16A_BHISMA BIMANTARA_TUGAS AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Perawatan pesawat udara adalah aspek penting dalam penerbangan yang bertujuan untuk memastikan pesawat laikudara dan komponen pesawat tetap dalam kondisi optimal agar meminimalisir penyebab kecelakaan. Sistem landing gear adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam pesawat, berfungsi untuk menopang pesawat saat di darat, lepas landas, dan mendarat. Salah satu komponen vital dalam sistem landing gear adalah Alternate Brake Servo Valve yang berperan untuk mengatur tekanan hydraulic untuk brake system pesawat. Kegagalan pada komponen Alternate Brake Servo Valve P/N C20374000-2 pada pesawat Airbus A330 di PT GMF AeroAsia Tbk telah menyebabkan 57 unschedule removal dalam kurun waktu 2020-2024. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab kegagalan komponen tersebut, mengidentifikasi akar permasalahan, dan memberikan usulan perbaikan guna mengurangi tingkat kegagalan komponen. Metode yang digunakan adalah Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk mengidentifikasi mode kegagalan dan menghitung Risk Priority Number (RPN), serta Fault Tree Analysis untuk menentukan akar penyebab kegagalan. Hasil analisis menggunakan metode FMEA menunjukan bahwa Leak From Connection merupakan kegagalan dominan dengan nilai RPN tertinggi (210) Analisis metode FTA menunjukan bahwa akar penyebab kegagalan Leak From Connection meliputi ketiadaan prosedur perawatan yang spesifik, pelatihan training standard practices yang tidak merata, tidak adanya pengecekan ulang oleh personel Inspector, ketidakpatuhan teknisi terhadap manual yang ada, dan ketidakkuratan tools yang digunakan. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini mengusulkan beberapa langkah perbaikan, antara lain: Pembuatan prosedur inspeksi spesifik untuk komponen Alternate Brake Servo Valve, pelatihan standard practices secara menyeluruh kepada semua teknisi, penerapan sistem double check oleh pihak Inspector setelah pengerjaan, penekanan pentingnya mengikuti Aircraft Maintenance Manual (AMM), dan kalibrasi tools secara berkala.

Kata Kunci: Kegagalan, Alternate Brake Servo Valve, Failure Mode and Effect Analysis, Fault Tree Analysis.

Aircraft maintenance is an important aspect of aviation that aims to ensure the aircraft is airworthy and aircraft components remain in optimal condition to minimize the cause of accidents. The landing gear system is one of the most important parts of the aircraft, functioning to support the aircraft while on the ground, take off, and landing. One of the vital components in the landing gear system is the Alternate Brake Servo Valve whose role is to regulate hydraulic pressure for theaircraft brake system. Failure of the Alternate Brake Servo Valve P/N C20374000-2 component on the Airbus A330 aircraft at PT GMF AeroAsia Tbk has caused 57 unscheduled removals in the period 2020-2024. This study aims to analyze teh factors that cause the failure of these components, identify the root cause, and provide suggestions for improvements to reduce component failure rates. The methode used is Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) to identify failure modes and calculate Risk Priority Number (RPN), and Fault Tree Analysis to determine the root cause of failure. The result of the analysis using the FMEA method show that Leak From Connection is the dominant failure with the highest RPN value of (210). Analysis using the FTA method shows that the root causes of Leak From Connection failures include the absence of spesific maintenance procedures, uneven training in standard practices, lack of re-checking by Inspector personnel, technicians non-compliance with existing manuals, and inaccuracy of the tools used. Based on these findings, this study proposes several improvement measures, including: developing spesific inspection procedures for the Alternate Brake Servo Valve component, providing comprehensive standard practice training to all technicians, implementing a double-check system by Inspectors after work completion, emphasizing the importance of following the Aircraft Maintenance Manual (AMM), and conducting regular tool calibration.

Key Words: Failure, Alternate Brake Servo Valve, Failure Mode and Effect Analysis, Fault Tree Analysis.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: DIV Teknik Pesawat Udara
Depositing User: Mr Bhisma Bimantara
Date Deposited: 28 Aug 2025 09:00
Last Modified: 28 Aug 2025 09:00
URI: http://repository.ppicurug.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item
View Item