-, I Nyoman Bayu Tangkas Maha Yana PERENCANAAN PAVED SHOULDER RUNWAY DENGAN SOFTWARE FAARFIELD DI BANDAR UDARA SILAMPARI LUBUKLINGGAU. PERENCANAAN PAVED SHOULDER RUNWAY DENGAN SOFTWARE FAARFIELD DI BANDAR UDARA SILAMPARI LUBUKLINGGAU. (Unpublished)
![[thumbnail of D III TBL 15 A_I NYOMAN BAYU TANGKAS MAHA YANA_OJT II_2025.pdf]](http://repository.ppicurug.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
D III TBL 15 A_I NYOMAN BAYU TANGKAS MAHA YANA_OJT II_2025.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Bandar Udara Silampari Lubuklinggau, yang merupakan bandar udara kelas III, telah memperpanjang dimensi Runway eksisting menjadi 2.500 m x 45 m. Perubahan ini mengarah pada peningkatan Code Letter Runway dari C menjadi D. Sesuai dengan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PR) 21 Tahun 2023, runway dengan Code Letter D wajib dilengkapi dengan paved shoulder (bahu runway berkerasan) untuk menunjang keselamatan penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan fasilitas sisi udara, khususnya paved shoulder runway, sebagai dukungan terhadap keselamatan penerbangan di Bandar Udara Silampari Lubuklinggau. Metode perencanaan yang digunakan adalah perhitungan tebal perkerasan lentur (flexible pavement) dengan memanfaatkan Software FAARFIELD. Hasil perencanaan menunjukkan bahwa lebar paved shoulder yang direncanakan untuk runway 20-02 adalah 7,5 meter di setiap sisi, sesuai dengan ketentuan. Struktur perkerasan lentur yang dihasilkan dari perhitungan FAARFIELD memiliki tebal lapisan sebagai berikut: Surface Course (AC-WC) setebal 10 cm, Base Course (AC-Base) setebal 15 cm, dan Subbase Course (Batu Pecah) setebal 25 cm. Nilai Pavement Classification Number (PCR) yang didapatkan dari perencanaan ini adalah 406 F/C/X/T. Total Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dibutuhkan untuk pembangunan paved shoulder runway ini diperkirakan sebesar Rp 16.239.444.000,00. Berdasarkan hasil ini, disarankan agar Bandar Udara Silampari Lubuklinggau segera melaksanakan penambahan paved shoulder pada runway untuk meningkatkan keselamatan operasional penerbangan serta mencegah masalah teknis dan non-teknis
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | -- |
Uncontrolled Keywords: | Civil Engineering, runway, airport, pavement |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | DIII Teknik Bangunan dan Landasan |
Depositing User: | Mr I Nyoman Bayu - |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:35 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 02:35 |
URI: | http://repository.ppicurug.ac.id/id/eprint/313 |