ANALISIS KEANDALAN IGNITION LEADS P/N 9043185-16 PADA ENGINE CFM56-3 PESAWAT BOEING 737-300 DI ASIA CARGO AIRLINES

-, DIMAS SAPUTRA WIJAYA ANALISIS KEANDALAN IGNITION LEADS P/N 9043185-16 PADA ENGINE CFM56-3 PESAWAT BOEING 737-300 DI ASIA CARGO AIRLINES. -. (Submitted)

[thumbnail of TUGAS AKHIR] Text (TUGAS AKHIR)
D-IV TPU 16B_DIMAS SAPUTRA WIJAYA_TUGAS AKHIR_2025.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tanggung jawab setiap orang yang mengoperasikan pesawat udara adalah merawat pesawat udara untuk menjaga keandalan dan memastikan kelaikudaraan secara berkelanjutan. Operasional yang lebih baik dalam lingkungan perawatan pesawat dirancang untuk mengurangi masalah dan meningkatkan keselamatan penerbangan dapat dicapai menggunakan sarana program keandalan. Komponen utama yang senantiasa harus dijaga keandalan dan kelaikannya pada pesawat terbang adalah engine, yang memerlukan perawatan perhatian serius karena berpengaruh besar terhadap kinerja suatu pesawat sebagai sumber gaya dorong saat mengudara. Ignition system pada engine pesawat terbang merupakan faktor krusial dalam menjamin performa dan keselamatan penerbangan terutama pada saat take-off, landing dan cuaca buruk serta turbulensi. Kerusakan pada salah satu komponen ignition system dapat menyebabkan pesawat mengalami kegagalan starting engine, salah satu komponen penting dalam ignition system adalah ignition leads yang berfungsi untuk mengkoneksikan ignition exciter dengan igniter plug. Kegagalan pada ignition leads dapat menyebabkan tidak terjadinya percikan bunga api dikarenakan terhentinya aliran tegangan tinggi yang berfungsi sebagai pemicu terjadinya pembakaran campuran udara dan bahan bakar, untuk memastikan keselamatan dan kinerja pesawat yang optimal maka harus dipastikan nilai keandalannya. Untuk mengukur dan menentukan nilai keandalan dari komponen tersebut digunakan dengan bantuan distribusi Weibull yang telah banyak digunakan pada dunia penerbangan untuk menghitung dengan memberikan estimasi yang akurat tentang nilai keandalan, waktu kegagalan, laju kegagalan dan menjadi standar dalam menentukan umur komponen guna membuat rencana perawatan serta penggantian komponen tersebut secara efektif. Data yang terkumpul mengenai informasi operasional ignition leads selanjutnya dianalisis menggunakan distribusi Weibull guna menghitung Mean Time to Failure (MTTF) sebagai prediksi kapan suatu sistem atau komponen mencapai titik kerusakan atau tidak dapat beroperasi kembali.
Kata kunci: Ignition Leads, MTTF, Reliability, Weibull

The responsibility of everyone who operates an aircraft is to maintain the aircraft to ensure reliability and ensure continuous airworthiness. Better operations in the aircraft maintenance environment are designed to reduce problems and improve flight safety, which can be achieved using reliability program tools. The main component that must always be maintained for reliability and airworthiness in an aircraft is the engine, which requires serious maintenance attention because it has a significant impact on the performance of an aircraft as a source of thrust when in flight. The ignition system in an aircraft engine is a crucial factor in ensuring performance and flight safety, especially during takeoff, landing, and in bad weather and turbulence. Damage to any component of the ignition system can cause the aircraft to experience engine starting failure. One of the important components in the ignition system is the ignition leads, which function to connect the ignition exciter with the igniter plug. Failure of the ignition leads can prevent the spark from occurring due to the interruption of the high-voltage current that triggers the combustion of the air-fuel mixture. To ensure safety and optimal aircraft performance, the reliability of these components must be ensured. To measure and determine the reliability of these components, the Weibull distribution is used, which has been widely adopted in the aviation industry to provide accurate estimates of reliability, failure time, failure rate, and serve as a standard for determining component lifespan to effectively plan maintenance and replacement. The collected data on operational information of ignition leads is then analyzed using the Weibull distribution to calculate the Mean Time to Failure (MTTF) as a prediction of when a system or component reaches the point of failure or become inoperable.
Keywords: Ignition Leads, MTTF, Reliability, Weibull

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: DIV Teknik Pesawat Udara
Depositing User: Mr. DIMAS SAPUTRA WIJAYA -
Date Deposited: 26 Aug 2025 14:30
Last Modified: 01 Sep 2025 08:13
URI: http://repository.ppicurug.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item
View Item