ANALISIS KEANDALAN STARTER MOTOR APU P/N 2704506 – 4 AIRBUS 320 MENGGUNAKAN DISTRIBUSI WEIBULL DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DI PT INDONESIA AIRASIA

-, YOGI PRISMA CAYSAR PRADEWA ANALISIS KEANDALAN STARTER MOTOR APU P/N 2704506 – 4 AIRBUS 320 MENGGUNAKAN DISTRIBUSI WEIBULL DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DI PT INDONESIA AIRASIA. -. (Submitted)

[thumbnail of D-IV TPU 16B_YOGI PRISMA CAYSAR PRADEWA_TUGAS AKHIR_2025.pdf] Text
D-IV TPU 16B_YOGI PRISMA CAYSAR PRADEWA_TUGAS AKHIR_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Starter motor pada auxiliary power unit (APU) merupakan komponen krusial yang berfungsi untuk memulai siklus operasi. APU memberikan tenaga listrik dan pneumatic kepada pesawat saat berada di darat dan sebagai sumber tenaga cadangan saat terbang. Keandalan starter motor ini memengaruhi efisiensi operasional, ketepatan waktu penerbangan. Kegagalan pada starter motor APU ini sering menyebabkan pelepasan tidak terjadwal (Unscheduled Removal), yang berakibat meningkatkan biaya operasional. Studi kasus di PT Indonesia AirAsia menunjukkan bahwa dalam kurun waktu tujuh tahun (2018–2024), ada 20 kejadian unschedule removal pada komponen starter motor APU P/N 2704506-4 di 30 armada pesawat Airbus 320 yang aktif. Ini menunjukkan bahwa analisis mendalam diperlukan untuk meningkatkan keandalan komponen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan nilai keandalan dan karakteristik kegagalan komponen starter motor APU P/N 2704506-4, serta secara kualitatif mengidentifikasi modus kegagalan, potensial, serta penyebab dan dampak dari modus tersebut, untuk memberikan saran perbaikan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode campuran. Untuk analisis kuantitatif, data historis waktu antar kerusakan time to failure ( TTF) dari dua puluh kejadian unscheduled removal komponen starter motor APU diolah dengan metode distribusi Weibull dan juga analisis kualitatif menggunakan metode failure mode and effect analysis (FMEA) untuk menemukan, menganalisis, dan memprioritaskan risiko dari setiap modus kegagalan. Analisis ini didasarkan pada data dari aircraft maintenance manual (AMM) dan component maintenance manual (CMM), serta wawancara semi terstruktur dengan engineer di PT Indonesia AirAsia. Hasil analisis kuantitatif dengan distribusi Weibull menunjukkan nilai parameter bentuk (β) sebesar 2,029. Karena nilai β>1, dapat disimpulkan bahwa karakteristik kegagalan komponen ini adalah wear-out failure (kegagalan akibat keausan), di mana laju kegagalan meningkat seiring bertambahnya usia operasional komponen. Nilai parameter skala (η) atau umur karakteristik komponen adalah sebesar 3.095,71 jam terbang. Dari perhitungan lebih lanjut, diperoleh nilai mean time to failure (MTTF) atau waktu rata-rata menuju kegagalan untuk komponen starter motor APU ini adalah sebesar 2.742,85 jam terbang. Analisis reliabilitas memproyeksikan bahwa tingkat keandalan komponen akan menurun secara signifikan seiring waktu; contohnya, pada 2.800 jam terbang, tingkat keandalan (reliability) komponen hanya tersisa 44,23%, yang berarti probabilitas kegagalan (unreliability) telah mencapai 55,77%. Hasil Analisis kualitatif yang menggunaakan FMEA dapat dilihat terdapat tiga modus kegagalan yaitu brush worn,terminal winding burn dan oil contamination. Dari ketiganya brush worn sering terjadi dan merupakan penyebab utama unscheduled removal dengan 12 kasus dari 20 total kejadian. Modus kegagalan brush worn ini juga memiliki nilai risk priority number (RPN) tertinggi, yaitu sebesar 252. Nilai RPN yang tinggi ini menunjukkan bahwa keausan brush adalah risiko yang paling penting untuk dipebaiki agar dapat meningkatkan keandalan komponen starter motor secara keseluruhan. Berdasarkan integrasi hasil analisis kuantitatif dan kualitatif, penelitian ini menyimpulkan bahwa kegagalan starter motor APU bersifat dapat diprediksi dan didominasi oleh faktor keausan brush. Oleh karena itu, direkomendasikan agar PT Indonesia AirAsia melakukan transisi dari strategi perawatan korektif (reaktif) menuju strategi perawatan preventif (proaktif). Rekomendasi utama adalah menerapkan jadwal inspeksi visual pada indikator keausan sikat (brush wear indicator) dan mempertimbangkan penggantian komponen secara terjadwal sebelum mencapai umur MTTF-nya, idealnya pada interval 2.500 hingga 2.600 jam terbang. Penelitian ini diharapkan dapat secara signifikan mengurangi jumlah unscheduled removal, meningkatkan ketersediaan suku cadang (availability) pesawat, Keywords : Starter motor APU, Analisis Weibull, FMEA, Keandalan, Unscheduled Removal, Airbus 320

The starter motor in the Auxiliary Power Unit (APU) is a crucial component that serves to start the operating cycle. The APU provides electrical and pneumatic power to the aircraft while on the ground and as a backup power source during flight. The reliability of this starter motor affects operational efficiency, flight punctuality, and maintenance costs. Failures in this component often result in unscheduled removals, which increase operational costs. A case study at PT Indonesia AirAsia shows that over a seven-year period (2018–2024), there were 20 instances of Unscheduled Removal 30 on the APU starter motor component P/N 2704506-4 across 30 active Airbus 320 aircraft. This indicates that a thorough analysis is needed to improve component reliability. The objective of this study is to determine the reliability value and failure characteristics of the APU starter motor component P/N 2704506-4, as well as to qualitatively identify the failure modes, potential causes, and impacts of these modes, in order to provide improvement recommendations. To achieve this objective, this study employs a mixed-method approach. For quantitative analysis, historical time-to-failure (TTF) data from twenty unscheduled removals of the APU starter motor component were processed using the Weibull distribution method. Qualitative analysis utilizes the Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) method to identify, analyze, and prioritize risks associated with each failure mode. This analysis is based on data from the Aircraft Maintenance Manual (AMM) and Component Maintenance Manual (CMM), as well as structured interviews with engineers at PT Indonesia AirAsia. The results of the quantitative analysis using the Weibull distribution showed a shape parameter (β) value of 2.029. Since β > 1, it can be concluded that the failure characteristic of this component is wear-out failure, where the failure rate increases with the operational age of the component. The scale parameter (η) or characteristic life of the component is 3,095.71 flight hours. From further calculations, the Mean Time To Failure (MTTF) or average time to failure for this APU starter motor component is 2,742.85 flight hours. The reliability analysis projects that the reliability of the component will decrease significantly over time; for example, at 2,800 flight hours, the reliability of the component is only 44.23%, which means that the probability of failure (unreliability) has reached 55.77%. The results of the qualitative analysis using FMEA show three failure modes: brush wear, terminal winding burn, and oil contamination. Of the three, brush wear occurs most frequently and is the primary cause of unscheduled removal, with 12 cases out of 20 total incidents. This brush wear failure mode also has the highest risk priority number (RPN) value, which is 252. This high RPN value indicates that carbon brush wear is the most important risk to address in order to improve the overall reliability of the starter motor component. Based on the integration of quantitative and qualitative analysis results, this study concludes that APU starter motor failures are predictable and dominated by wear factors. Therefore, it is recommended that PT Indonesia AirAsia transition from a corrective maintenance strategy (reactive) to a preventive maintenance strategy (proactive). The main recommendation is to implement a visual inspection schedule for the brush wear indicator and consider scheduled component replacement before reaching its MTTF lifespan, ideally at intervals of 2,500 to 2,600 flight hours. The implementation of this strategy is expected to significantly reduce the number of unscheduled removals, improve aircraft availability. Keywords : APU Motor Starter, Weibull Analysis, FMEA, Reliability, Unscheduled Removal, Airbus 320.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: DIV Teknik Pesawat Udara
Depositing User: Mr YOGI PRISMA CAYSAR PRADEWA -
Date Deposited: 28 Aug 2025 08:51
Last Modified: 28 Aug 2025 08:51
URI: http://repository.ppicurug.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item
View Item