ANALISIS KEGAGALAN CABIN RATE OF CLIMB INDICATOR P/N WL501RC1 PADA BOEING 737-800 DI PT. GMF AEROASIA TBK.

-, Farhan Anchiby (2025) ANALISIS KEGAGALAN CABIN RATE OF CLIMB INDICATOR P/N WL501RC1 PADA BOEING 737-800 DI PT. GMF AEROASIA TBK. -. pp. 1-151. (Submitted)

[thumbnail of D-IV TPU 16 B_FARHAN ANCHIBY_TUGAS AKHIR_2025.pdf] Text
D-IV TPU 16 B_FARHAN ANCHIBY_TUGAS AKHIR_2025.pdf

Download (9MB)

Abstract

Industri penerbangan di Indonesia, sebagai negara kepulauan, memegang peranan krusial dalam mendukung mobilitas dan perekonomian. Keandalan dan keselamatan operasional menjadi prioritas tertinggi, di mana setiap komponen pesawat harus berfungsi sesuai standar. Salah satu komponen penting dalam sistem pressurisasi adalah Cabin Rate of Climb Indicator dengan Part Number WL501RC1, yang berfungsi untuk memonitor laju perubahan tekanan kabin demi menjamin kenyamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan . Namun, tingginya frekuensi kegagalan pada komponen ini pada armada pesawat Boeing 737-800 di PT. GMF AeroAsia Tbk. telah menjadi isu operasional yang signifikan. Selama periode 2019-2024, tercatat sebanyak 63 kasus unscheduled removal yang secara langsung menyebabkan 23 insiden penundaan penerbangan . Permasalahan ini tidak hanya berdampak negatif pada efisiensi operasional dan peningkatan biaya perawatan, tetapi juga berpotensi mengancam keselamatan penerbangan, mengingat komponen ini termasuk dalam Kategori C pada Minimum Equipment List (MEL) yang membatasi operasi maksimal 10 hari jika terjadi kegagalan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kegagalan yang paling dominan, menganalisis akar penyebabnya secara mendalam, serta merumuskan usulan perbaikan dan pencegahan yang efektif dan dapat diimplementasikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada analisis akar penyebab (Root Cause Analysis). Untuk mencapai tujuan penelitian, serangkaian metode analisis diterapkan secara sistematis. Data kegagalan dari 63 kasus yang bersumber dari Component Removal Report pertama kali diolah menggunakan Diagram Pareto. Metode ini digunakan untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan jenis kegagalan yang memiliki frekuensi tertinggi, sesuai dengan prinsip Pareto (80/20), sehingga upaya analisis dapat difokuskan pada masalah yang paling signifikan . Setelah masalah utama teridentifikasi, analisis dilanjutkan menggunakan Diagram Fishbone untuk mengurai akar penyebab dari masalah dominan tersebut. Proses ini memetakan berbagai potensi penyebab ke dalam lima kategori utama: Manusia, Metode, Mesin, Material, dan Lingkungan. Pengumpulan data kualitatif untuk memperkuat analisis ini didukung oleh wawancara terstruktur dengan para engineer dan teknisi berpengalaman di PT. GMF AeroAsia Tbk., serta studi literatur mendalam terhadap dokumen-dokumen teknis yang relevan seperti Component Maintenance Manual (CMM). Hasil analisis Pareto menunjukkan bahwa Housing Leak merupakan jenis kegagalan yang paling dominan, bertanggung jawab atas 46% dari total kasus (29 dari 63 kejadian). Temuan ini menegaskan bahwa kondisi fisik badan komponen menjadi titik kritis utama. Selanjutnya, analisis Diagram Fishbone berhasil mengidentifikasi lima akar penyebab utama dari masalah Housing Leak tersebut. Pertama, dari faktor Manusia, ditemukan bahwa kurangnya pengetahuan dan pengalaman teknisi baru dalam proses perakitan, khususnya pemasangan O-ring, menjadi kontributor utama. Kedua, pada faktor Metode, masalah berasal dari penggunaan perintah kerja (Work Order) yang tidak lengkap, di mana instruksi teknis krusial dari CMM, seperti data presisi untuk fit and clearance, tidak dicantumkan. Ketiga, dari sisi Mesin, teridentifikasi adanya ketergantungan pada alat uji alternatif yang akurasinya telah menurun, meskipun status kalibrasinya masih berlaku, sehingga menghasilkan data pengujian yang tidak andal. Keempat, pada faktor Material, penggunaan komponen berstatus repaired terbukti memiliki potensi keandalan yang lebih rendah dibandingkan komponen baru (OEM). Kelima, pada faktor Lingkungan, ditemukan bahwa degradasi material O-ring terjadi akibat paparan suhu tinggi yang ekstrem saat pesawat disimpan dalam jangka waktu lama di apron terbuka. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa kegagalan komponen Cabin Rate of Climb Indicator ini terjadi bukan karena kebetulan, melainkan merupakan akibat dari gabungan beberapa masalah yang saling berhubungan di dalam sistem perawatannya. Berdasarkan temuan tersebut, dirumuskan serangkaian usulan perbaikan dan pencegahan yang komprehensif dan dapat ditindaklanjuti. Rekomendasi ini mencakup: peningkatan program pelatihan teknisi dan implementasi sistem pendampingan untuk meminimalkan human error; penyempurnaan prosedur pembuatan Work Order dengan kewajiban mencantumkan langkah-langkah kritis dan penerapan sistem verifikasi ganda; pengetatan kontrol terhadap kelayakan peralatan uji melalui prosedur Out-of-Tolerance Notification (OOTN) yang disiplin; optimalisasi manajemen material untuk memprioritaskan penggunaan komponen OEM melalui forecasting yang lebih akurat; serta penetapan prosedur baru untuk melindungi pesawat dengan aircraft cover saat penyimpanan jangka panjang . Penerapan usulan-usulan ini secara terpadu diharapkan dapat meningkatkan keandalan komponen secara signifikan, mengurangi insiden penundaan penerbangan, dan mendukung peningkatan efisiensi serta keselamatan operasional secara keseluruhan di PT. GMF AeroAsia Tbk.

Kata Kunci: Cabin Rate of Climb Indicator, Root Cause Analysis, Pareto Diagram, Fishbone Diagram, Housing Leak, Aircraft Maintenance

In Indonesia, an archipelagic nation, the aviation industry plays a crucial role in supporting mobility and the economy. Operational reliability and safety are top priorities, where every aircraft component must function according to established standards. One critical component within the pressurization system is the Cabin Rate of Climb Indicator with Part Number WL501RC1, which functions to monitor the rate of change in cabin pressure to ensure passenger and crew comfort and safety during flight. However, a high failure rate of this component on the Boeing 737-800 aircraft fleet at PT. GMF AeroAsia Tbk. has become a significant operational issue. During the 2019–2024 period, 63 cases of unscheduled removal were recorded, directly causing 23 flight delay incidents. This problem not only negatively impacts operational efficiency and increases maintenance costs but also poses a potential threat to flight safety, considering the component is classified under Category C of the Minimum Equipment List (MEL), which restricts aircraft operation to a maximum of 10 days following a failure. Therefore, this research aims to identify the most dominant failure mode, thoroughly analyze its root causes, and formulate effective and implementable corrective and preventive actions. This study employs a qualitative approach focused on Root Cause Analysis. Failure data from the 63 cases, sourced from the Component Removal Report, was first processed using a Pareto Diagram. This method was used to identify and prioritize the failure mode with the highest frequency, in accordance with the Pareto principle (80/20), allowing the analysis to focus on the most significant problem. Once the primary issue was identified, the analysis proceeded with a Fishbone Diagram to deconstruct the root causes of the dominant failure. This process maps potential causes into five main categories: Man, Method, Machine, Material, and Environment. The qualitative data collection to support this analysis was conducted through structured interviews with experienced engineers and technicians at PT. GMF AeroAsia Tbk., as well as an in-depth literature review of relevant technical documents, such as the Component Maintenance Manual (CMM). The results of the Pareto analysis indicate that Housing Leak is the most dominant failure mode, responsible for 46% of the total cases (29 out of 63 incidents). This finding confirms that the physical condition of the component's body is a primary critical point. The Fishbone Diagram analysis subsequently identified five primary root causes for the Housing Leak issue. First, from the Man factor, it was found that the inadequate knowledge and experience of new technicians during the assembly process, particularly O-ring installation, was a major contributor. Second, for the Method factor, the problem stemmed from the use of incomplete work orders, in which crucial technical instructions from the CMM, such as precision data for fit and clearance, were not included. Third, on the Machine side, a reliance on alternate test equipment with degraded accuracy was identified, despite its calibration status still being administratively valid, leading to unreliable test results. Fourth, for the Material factor, the use of components with a repaired status was proven to have a potentially lower reliability compared to new OEM components. Fifth, for the Environment factor, it was found that the degradation of O-ring material occurred due to extreme high-temperature exposure when aircraft were stored for long periods on open aprons. The conclusion of this study confirms that the failure of the Cabin Rate of Climb Indicator is not a random occurrence but rather the result of a combination of several interconnected problems within the maintenance system. Based on these findings, a series of comprehensive and actionable corrective and preventive proposals were formulated. These recommendations include: enhancing technician training programs and implementing a mentorship system to minimize human error; refining the work order creation procedure to mandate the inclusion of critical steps and a dual-verification system; tightening quality control over test equipment through the disciplined application of Out-of-Tolerance Notification (OOTN) procedures; optimizing material management through more accurate forecasting to prioritize the use of OEM components; and establishing new procedures for protecting aircraft with aircraft covers during long-term storage. The integrated implementation of these proposals is expected to significantly enhance component reliability, reduce flight delay incidents, and support the overall improvement of operational efficiency and flight safety at PT. GMF AeroAsia Tbk.

Keywords: Cabin Rate of Climb Indicator, Root Cause Analysis, Pareto Diagram, Fishbone Diagram, Housing Leak

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Cabin Rate of Climb Indicator, Root Cause Analysis, Pareto Diagram, Fishbone Diagram, Housing Leak, Aircraft Maintenance Cabin Rate of Climb Indicator, Root Cause Analysis, Pareto Diagram, Fishbone Diagram, Housing Leak, Aircraft Maintenance
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: DIV Teknik Pesawat Udara
Depositing User: Unnamed user with username farhan_tpu16b
Date Deposited: 25 Aug 2025 01:49
Last Modified: 25 Aug 2025 01:49
URI: http://repository.ppicurug.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item
View Item